CONTOH RPP TERBARU 2020 KELAS SD
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD
Kelas/Semester :
4/2
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Tema : what a tall boy!
Sub tema : Expressions to compliment
: Expressions to respond to compliment
Alokasi Waktu :
4 x 35 menit
A. Kompetensi Inti
KI 2 :Menerima dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 :Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3 :Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, sekolah
KI 4 :Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia
B. Kompetensi Dasar
3.2. Memahami fungsi social pada berbagai ungkapan sesuai dengan konteks penggunaannya
3.3. Memahami unsure kebahasaan dengan menyebut kosakata tema
4.2.
Memperagakan teks lisan untuk menyatakan berbagai ungkapan
Indikator Pencapaian
Kompetensi
3.2.2.Memahami
fungsi social pada ungkapan memuji
3.3.2.Memahami
unsure kebahasaan dengan menyebut kosakata tentang pujian
4.2.2.Memperagakan
teks lisan untuk menyatakan ungkapan memuji
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui contoh, peserta didik dapat mengenal
dan memahami ungkapan memuji
D. Materi Pembelajaran
Ungkapan memuji
E. Model/Metode Pembelajaran
1. Pendekatan: scientific
2. Strategi: observe – practice.
3. Metode: Inquiry/Experiencial learning.
F. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Guru masuk ke kelas dan
langsung menyapa menggunakan bahasa Inggris agar English Environment dapat
langsung tercipta di pertemuan pertama.
·
Guru dapat menggunakan
kalimat “Good morning, students”.
·
Pastikan peserta didik
merespon dengan menjawab kembali “Good morning, Teacher/ Sir/Mam”.
·
Jika peserta didik belum
merespon, jangan dulu melanjutkan pelajaran.
·
Jika memungkinkan, guru
dapat bertanya
ke beberapa anak
secara individual untuk
memastikan bahwa
peserta didik dapat merespon perkataan guru.
|
20 menit
|
Inti
|
Observing
·
Guru bertanya pada siswa
tentang ungkapan memuji
·
Siswa merespon pertanyaan guru.
·
Siswa menirukan.
·
Guru mencontohkan ungkapan memuji secara lisan dan tulisan
Communicating
·
Guru dapat menjelaskan
mengenai penggunaan ungkapan memuji
·
Guru memberi contoh teks tulisan tentang
ungkapan memuji
Experimenting
·
Siswa berlatih membaca ungkapan memuji
·
Siswa menulis teks tulisan tentang ungkapan
memuji
|
20
menit
20
menit
30 menit
|
Penutup
|
· Setelah mengikuti
kegiatan pembelajaran pada pertemuan ini, siswa ditanya bagaimana perasaannya
(REFLEKSI)
· Guru memberikan
pertanyaan untuk mengetahui apakah siswa sudah memahami topik tentang memuji
· Siswa diminta membuat
kesimpulan pembelajaran pada pertemuan ini
· Siswa diberi tugas
kelompok untuk pembelajaran minggu depan untuk penilaian projek
|
20 menit
|
B. Sumber/Media Pembelajaran
1.Sumber: Buku Paket Siswa
2.Media: Audio/video,
White board, board marker
Jember,
|
||
Mengetahui,
KepalaSekolah
Hizbullah Muhib, SE.
|
Guru Bahasa Inggris Kelas 4
Ulfa Nalurita F, S. Pd.
|
0 Response to "CONTOH RPP TERBARU 2020 KELAS SD"
Posting Komentar